Rabu, 24 Februari 2010

ISMC 7 : The Competitions

Pertandingan pada ISMC 7 secara resmi dibuka oleh Dekan FTTM, Prof.Dr.Ir. Sudarto Notosiswoyo M.Eng bertempat di lapangan basket CC barat. Dalam sambutannya beliau berpesan pada peserta untuk menjunjung sportivitas dan tetap menjaga hubungan baik antar peserta bagaimanapun hasil akhirnya nanti. Pembukaan pertandingan yang berlangsung pada 12 Februari 2010 ini dihadiri oleh panitia dan peserta ISMC 7, perwakilan dosen, dan juga beberapa perwakilan himpunan di ITB. Usai memberi sambutan, Dekan FTTM, Prof.Dr.Ir. Sudarto Notosiswoyo M.Eng, dipersilakan memukul gong sebagai pertanda telah dimulainya pertandingan ISMC 7.
Empat belas pertandingan yang diujikan, antara lain:

Tie In
Tie in merupakan pertandingan yang mensimulasikan persiapan untuk peledakan terowongan bawah tanah. Dengan menggunakan papan berlubang-lubang yang memungkinkan kita untuk memasukkan dummy nonel, kita dituntut untuk mendisain sebuah pola peledakan sesuai dengan rancangan yang sudah diperhitungkan sebelumnya dalam rupa soal tertulis dan tak lupa kita dipacu oleh waktu. Pada pertandingan ini tim HMT berhasil menyelesaikannya dengan baik dan bahkan lebih cepat 6 menit dari waktu yang diberikan dan dengan nilai keamanan yang tinggi.

Bench Blasting
Bench blasting merupakan pertandingan yang mensimulasikan peledakan jenjang. Alat yang digunakan berupa rangkaian pipa paralon yang mewakilkan lubang tembak di lapangan. Kita dituntut untuk mempersiapkan peledakan dengan menyususun pipa tadi dengan spasi dan burden yang sudah kita hitung sebelumnya, lalu memasukkan ANFO dan steming, hingga merangkainya dengan J-hook dan siap untu diledakkan. Tim HMT berjuang keras dengan penuh semangat dalam berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan ini.

Blasting Vibration Analysis
Blasting Vibration Analysis merupakan pertandingan dalam mengukur getaran dan tingkat kebisingan akibat dari peledakan yang disimulasikan dengan menumbuk bubuk korek api. Dalam pertandingan ini tim HMT memperoleh nilai sempurna.

Rolling Resistance
Rolling Resistance merupakan pertandingan yang mensimulasikan dalam mengukur nilai koefisien traksi dari sebuah truk yang disimulasikan dalam sebuah gerobak yang ditarik dengan sebuah motor penarik. Ini merupakan pertandingan yang baru dalam ISMC.

Mine Ventilation
Mine Ventilation merupakan pertandingan yang mensimulasikan perancangan sistem ventilasi bawah tanah. Yang dippertandingan adalah besar kecepatan dan tekanan udara beserta kecepatan pengeluaran gas CO. Yang unik dalam pertandingan ini adalah sang juri adalah mantan ketua ISMC-1.

Mine Supporting
Mine Supporting merupakan pertandingan yang mensimulasikan pemasangan penyanggan kayu bawah tanah. Pertandingan ini cukup menguras tenaga dan cukup beresiko karena memiliki peluang menciderai peserta. Namun tim HMT sekali lagi berhasil menyelesaikan pertandingan ini dengan maksimal tanpa ada yng terluka.

Mine Surveying
Mine Surveying merupakan pertandingan dalam menghitung koordinat dan luas suatu daerah dengan alat surveying. Dari semua peserta tak ada yang berhasil menyelesaikan pertandingan ini dan konon pada ISMC-6 tidak ada yang benar dalam pertandingan ini.

Rock Identification
Rock Identification merupakan pertandingan yang menguji wawasan peserta akan pengetahuan seputar batuan. Peserta dituntut untuk mengidentifikasi batuan yang disediakan oleh panitia.

Panning
Panning merupakan pertandingan yang mensimulasikan pendulangan emas di sungai. Namun dalam pertandingan ini yang digunakan adalah pasir besi dan dilakukan di sebuah kolam air. Seperti pada seni mendulang di kenyataan, yang dinilai adalah jumlah pasir besi yang didapat dan seberapa banyak pengotornya.

Joint Measurring
Joint Measurring merupakan pertandingan yang mensimulasikan pengukuran kekar di lereng. Pertandingan ini menguji keterampilan peserta dalam menggunakan kompas geologi dan pemahaman peserta dalam hal geoteknik.

Hand Mucking
Hand Mucking merupakan pertandingan yang menuntut kemampuan fisik dan kekompakan koordinasi peserta dalam mensimulasikan pemuatan material ke dalam lori di bawah tanah dengan menggunakan sekop.

Crushing and Grinding
Crushing and Grinding merupakan pertandingan yang mensimulasikan pengolahan material. Pertandingan ini merupakan pertandingan yang sangat sulit ditebak karena hasilnya tidak bisa dikontrol dan diperkirakan tanpa melakukan percobaan sebelummnya. Pada pertandingan ini peserta diberi bongkahan batu untuk dihancurkan menjadi serbuk.

Rock Drilling
Aturan main dari pertandingan ini adalah melakukan persiapan baik Jack Hammer vertikal dan horizontal masing-masing maksimal 1.5 menit, kemudian pengeboran vertikal sedalam-dalamnya dan severtikal mungkin dalam waktu 3 menit, dan pengeboran horizontal dengan kedalaman 50 cm yang berjumlah 2 lubang dalam waktu 5 menit.
Pertandingan berlangsung dengan menggunakan Jack Hammer untuk pengeboran horizontal dan vertikal, serta kompresor yang ada dari lab geomekanika. Untuk batu gamping, yang menjadi perbedaan dari ISMC sebelumnya adalah dengan tidak berkenannya PT PUMARIN, Padalarang untuk menyumbang batu sisa untuk pertandingan, sehingga tidak tersedianya lagi batu gratis, sehingga pihak panitia harus membeli batu di tempat lain dikarenakan proses administrasi di PT PUMARIN mengalami hambatan karena sedang adanya perubahan system manajemen. Alhasil, panitia harus membeli ditempat lain, yaitu batu seukuran 100x80x140 cm3 dibeli di PT MULTIMARMER seharga Rp 4 juta.
Namun pertandingan berjalan lancar dan tidak terjadi kecelakaan selama pertandingan rock drilling, namun terjadi kendala pada saat pengeboran horizontal yang disebabkan oleh batuan yang memiliki struktur di muka batuan sehingga pada hari kedua, kondisi muka batuan sudah banyak hancuran dan retakan. Oleh karena itu panitia melakukan perubahan posisi lubang bor yang tentu saja yang disepakati oleh para peserta.
Pertandingan berlangsung seru walaupun sempat diguyur hujan di waktu sore hari Jumat dan Sabtu, namun saat hujanpun peserta sepakat untuk melanjutkan pertandingan.
Sayangnya tim dari tuan rumah sendiri HMT ITB mengalami kendala saat bertanding pegeboran horizontal karena tidak menyelesaikan dua lubang sedalam 50cm dengan baik setelah melakuan pengeboran vertikal dengan sangat baik. Belum lagi ditambah pengurangan nilai atau pinalti akibat steel bit mengenai kepala salah satu peserta sesaat sebelum melakukan pengeboran horizontal sehingga poin yang diperoleh tim HMT ITB menjadi semakin kecil.

foto-foto bisa dilihat disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar