Minggu, 31 Januari 2010

LKO HMT ITB 2010

Pada hari Jumat, 29/01/2010, divisi kaderisasi HMT kembali menyelenggarakan acara rutinan HMT tiap tahun yaitu Latihan Kepemimpinan Organisasi (LKO) yang bertempat di ruang seminar tambang. Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB ini dihadiri oleh sebagian besar anggota HMT dari angkatan 2008,2007, dan 2006. Pada LKO kali ini hanya mengundang satu orang trainer yang sudah berpengalaman yang juga adalah seorang alumni HMT yaitu, Pak Eko Utomo (TU 91). Acara LKO ini bertujuan untuk menambah ilmu semua anggota HMT mengenai ilmu-ilmu Kepemimpinan dan Organisasi serta peningkatan softskill masing-masing anggota sehingga para anggota bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari khususnya dalam berorganisasi di dalam HMT.
Pertama kali acara dibuka oleh Ketua Himpunan, Andy Yahya Al Hakim (TE 06), dan kemudian langsung masuk ke dalam materi oleh Pak Eko. Dengan duduk beralaskan tikar, para peserta mendengarkan semua materi yang disampaikan Pak Eko. Banyak materi penting yang disampaikan oleh Pak Eko terkait kepemimpinan seperti manajemen waktu, POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dan leading effective meeting. Dalam tiap poin materi yang disampaikan disertakan contoh dari pengalaman Pak Eko sendiri. Penyampaian materi dilakukan secara lugas dan tidak kaku sehingga suasana lebih cair dan tidak membosankan serta dapat terserap dengan baik. Terbukti adanya pertanyaan-pertanyaan tajam dari anggota HMT yang berhubungan dengan materi yang disampaikan Pak Eko, terutama terkait leading effective meeting. Pada pukul 22.00, LKO malam itu pun selesai dengan penutupan dari Kahim dan disambung lagi esok paginya.
Pada pukul 08.00 WIB, hari Sabtu, 30/01/2010, acara LKO kembali dilanjutkan dengan pembicara yang masih sama, namun dengan materi berbeda. Materi yang diberikan kali ini adalah building environment of trust, star feedback, serta beberapa materi lainnya. Tidak lupa Pak Eko menyelipkan beberapa game yang diikuti oleh peserta agar penyampaian materi tidak membosankan. Di pertengahan acara terdapat waktu istirahat selama 15 menit.Terakhir Pak Eko membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk mempraktekkan materi yang telah disampaikan dan diperagakan kepada semua peserta. Setelah itu, pada pukul 12.00 WIB, LKO ditutup oleh Kahim dan ada pemberian cinderamata pada Pak Eko berupa sebuah karikatur Bang Eko sendiri dan T-shirt model baru keluaran HMT.
Semoga dengan adanya acara LKO ini, masing-masing anggota mendapatkan cukup bekal wawasan dalam meningkatkan softskillnya dalam hal kepemimpinan dan organisasi yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari menuju kehidupan yang jauh lebih sukses. Amin.

Album foto LKO HMT ITB 2010 bisa dilihat DISINI

1 komentar: