Minggu, 20 Mei 2012

Miner as Entrepeneur


Kata-kata di atas adalah tema talkshow yang diadakan ketika HMT merayakan Dies Natalisnya yang ke-57.  Dalam talkshow tersebut, ada dua orang hebat yang bertindak sebagai pembicara yakni Pak Paulus Warsono Broto (alumni  HMT ‘86) dan Pak Lufi Rachmad (alumni HMT ‘91).  Pak Paulus kini telah menjadi pengusaha besar yang menaungi  20 perusahaan di bidang energy, property, dan investment. Sedangkan Pak Lufi yang notabene pernah menjadi Super Intendent di Freeport, pun kini lebih memilih menjadi seorang pengusaha dan menjadi konsultan di dua perusahaan.

Talkshow yang diadakan cukup ramai, mengingat kedua pembiacara merupakan orang-orang yang memang kompeten di bidang entrepeneurship. Apalagi talkshow tersebut dimoderatori oleh Egar Putra Bahtera (HMT ‘09) yang juga seorang entrepreneur muda dengan produksi usahanya yang telah go export.

Banyak pelajaran yang didapat dari kedua pembicara tersebut. Mulai dari Pak Paulus yang sudah sejak SMA ternyata mulai berwirausaha bengkel, lalu ketika kuliah berwirausaha jual-beli mobil bekas. Kemudian juga Pak Lufi yang berulang kali gagal dan bahkan pernah ditipu partner usahanya hingga puluhan juta, namun beliau tetap tak putus asa hingga kini meraih kesuksesannya.

Kalimat menarik pun banyak yang terlontar dari kedua pembicara selama talkshow tersebut.  Pak Paulus yang juga ketua angkatan tambang ’86 sempat berkata, "Seorang pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mampu menciptakan banyak pemimpin hebat lainnya". Itulah gunanya seorang entrepeneur sejati, yakni mampu menciptakan lapangan kerja yang luas dan mampu menginspirasi orang-orang di sekitarnya untuk dapat menjadi entrepreneur-entrepeneur hebat lainnya. Beliau sangat menyarankan dalam menjalankan wirausaha yang terpenting adalah jangan pernah menyerah dan ikuti kata hati. Mulailah berwirausaha dari sekarang supaya tidak menyesal

Pak Lufi dalam kesempatan kali ini banyak memberikan wajangan-wejangan teknis berwirausaha. Salah satunya mengenai manajemen resiko. Contoh kasus yang diberikan beliau adalah ketika akan berinventasi. Jika kita invest 1 miliyar dan bila itu hilang kita tetap bisa tidur enak ya jalankan. Namun, jika kita invest 5 juta, tetapi tidak bisa tidur enak ya jangan.

Acara semakin meriah ketika dibuka sesi tanya-jawab. Antusiasme anggota HMT mengenai tema entrepeneurship pun terlihat hingga di luar talkshow. Bahkan Pak Lufi Achmad yang sebenarnya sudah pamit duluan ketika acara talkshow telah usai dan berganti ke acara hiburan, ’dicegat’ oleh banyak anggota HMT yang ingin bertanya lebih lanjut dan meminta wejangan serta tips-tips dari beliau mengenai entrepeneurship. Ternyata beliau pun menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari HMT dengan senang hati dan cukup lama sebelum akhirnya benar-benar pamit pergi.

dari kiri: Egar; Pak Lufi; Pak Paulus
massa HMT dan beberapa dosen beserta tamu undangan
 foto bersama Pak Syaf dan Pak Paulus sebelum pulang
Sang kahim memberikan potongan tumpeng kepada Pak Syaf 


Akhirnya, untuk mengapresiasi para pembicara dan para tamu undangan yang telah hadir dalam acara Dies Natalis HMT ini, para anggota HMT menggemakan GSG (Gedung Serba Guna) ITB dengan mars kebanggaannya. Bahkan setelah mars, Pak Paulus ikut menirukan gaya Tomy (sang kahim) meneriakkan “Siapa kita? Siapa kita?” yang juga dijawab bersama “HMT HMT HMT!”.

Terima kasih HMT ucapkan kepada Pak Paulus dan Pak Lufi yang telah berbagi pengalaman dan ilmu entrepeneurshipnya. Terima kasih kepada Pak Syafrizal (Kaprodi S1 Teknik Pertambangan) dan dosen-dosen beserta staf-staf prodi teknik pertambangan lainnya yang telah hadir dan ikut meramaikan. Terima kasih juga kepada para donatur acara yang tak bisa disebutkan satu persatu namanya seperti Pak Paulus atas makan malam mewahnya dan Pak Irwandi Arif atas hiburan organ tunggalnya. Terima kasih juga kepada Bang Yahya sebagai alumni HMT yang ikut hadir dan menghibur di atas panggung. Terima kasih juga kepada OSD-HMT yang telah bergoyang hingga larut malam. Terima kasih kepada semua anggota HMT atas partisipasinya. Siapa kita?? HMT HMT HMT!!! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar