Rabu, 09 Desember 2009

Tipe –Tipe Orang di HMT


Dalam sebuah organisasi atau di HMT kita sendiri terdapat berbagai tipe orang yang berbeda satu sama lain. Perbedaan ini bisa disebabkan latar belakang pengalaman maupun kepribadian orang per orang. Perbedaan tersebut bila tidak dikenali dan dikelola dengan baik bisa menimbulkan ketidakharmonisan dalam tim atau organisasi. Sebaliknya, bila perbedaan tersebut mampu dikelola, kita akan mendapatkan manfaat yang sangat besar untuk kemajuan organisasi.

Pembicara dan trainer sekaligus motivator James Gwee memaparkan 5 type orang yang umumnya ada dalam satu tim, yaitu :

1.Tipe Driver

Orang tipe driver adalah orang selalu penuh dengan ide-ide, antusiasme dan energi. Dia selalu memiliki ide apa yang harus dilakukan organisasi ke depan. Terkadang ide yang pertama belum terlaksana, dia sudah datang dengan ide baru yang menurut dia lebih baik. Organisasi atau perusahaan yang tidak memiliki orang-orang seperti ini tidak akan memiliki ide baru untuk mendorong organisasi atau perusahaan lebih maju. Contoh posisi yang cocok untu tipe ini adalah developer (pembangun), pengarah (set direction) dan innovator.

2. Planner

Orang dengan tipe planner umumnya tidak sepintar tipe driver tapi memiliki keunggulan dalam merangkum apa yang sudah dibicarakan, mendokumentasikannya, kemudian mendistribusikan ke semua orang yang terkait. Ide-ide yang dibahas dalam Rapat kerja atau meeting yang tidak dibuat summary-nya (notulen) tidak akan pernah dilaksanakan karena orang bekerja berdasarkan notulen yang sudah dibuat. Contoh tipe ini cocok untuk : ahli Strategi, Estimator dan Scheduler (pembuat jadwal)

3. Enabler

Orang tipe Enabler adalah orang yang pintar menghemat dana sesuai budget. Untuk mendapatkan harga yang paling murah, biasanya dia akan membandingkan beberapa penawaran dari suppier. Bila ada kewajiban memberi hadiah, dia akan mencari sponsor yang bisa menyediakan hadiah sehingga organisasi tidak perlu mengeluarkan dana. Orang tipe Enabler berfungsi mengerem tipe driver yang selalu ingin cepat tanpa memperdulikan pengeluaran. Contoh posisi yang sesuai untuk tipe ini adalah Manager Keuangan (Bendahara), Promotor, dan Negosiator.

4. Exec

Tipe Exec adalah orang yang hidup bila berada di lapangan dan menjalankan apa yang sudah direncanakan. Orang ini termasuk tipe pelaksana (eksekutor) atau organizer yang senang turun tangan langsung bila ada masalah tanpa memperdulikan itu tugas siapa. Contoh posisi yang cocok untuk tipe ini adalah Produser, Koordinator dan bagian Pemeliharaan



5. Controller

Tipe controller adalah orang yang suka memonitor, mengevaluasi dan mengkritik setelah sesuatu terjadi tapi tidak memberi kontribusi dan usulan saat kegiatan berlangsung. Nilai positifnya adalah dia memberi masukan agar tidak mengulangi kesalahan. Contoh posisi yang cocok untuk tipe ini adalah Auditor dan Evaluator.

Dengan mengenali 5 tipe orang di atas, maka kita diharapkan mengenali orang-orang yang ada di tim atau organisasi kita dan mengidentifikasi kira-kira dia termasuk tipe yang mana.

HMT sejauh pandangan saya memiliki orang-orang dengan tipe-tipe yang ada diatas. Coba lihat tipe pertama,tipe driver. Tipe ini haruslah dimiliki seorang Kahim dan itu sangat mutlak jika kita menginginkan HMT terus berkarya dan penuh manfaat bagi anggota dan masyarakat. Ketua juga harus mengenal potensi-potensi sebahagian besar dari anggotanya hingga akhirnya ia tidak salah memilih orang-orang yang dipercaya mengemban kegiatan-kegiatan himpunan. Dalam struktur kita terdapat dua wakil himpunan. Sejauh pandangan saya, seorang wakahim adalah orang yang mempunyai kemampuan hampir sama dengan Kahim dan jika dikonversikan dengan tipe diatas,maka ia adalah tipe driver juga.

Berikutnya adalah peran Kadiv dan Katim. Mereka lah orang yang menjadi refleksi kepengurusan HMT. Satu divisi saja tidak optimal mencerminkan leadership yang belum maksimal dari Kahim dan kurangnya fungsi dari orang-orang yang termasuk tipe controller. Kenapa seperti itu?, nah saat pertama sekali seorang Kahim mempercayakan posisi Kadiv ke salah satu anggota,maka ia harus benar-benar mampu membuat orang tersebut mampu dan percaya diri untuk mengemban tugas tersebut selama satu kepengurusan. Setelah ia merasa yakin dan sanggup menjadi Kadiv/Katim barulah wakil ketua berperan untuk menjaga semangat mereka dengan "berpartner" dalam program-program yang telah mereka buat sehingga seorang wakil wajib mengetahui dan mengerti program-program yang telah dibuat oleh divisi yang dipercayakan Kahim untuk diperhatikannya.

Seorang kadiv/katim adalah seorang yang bertipe planner yang mampu memanage orang-orang yang paling "muda" di organisasinya untuk saling berkerjasama membangun HMT kita. Kadiv/Katim bekerjasama dengan wakil melihat potensi anggota yang ada pada divisi/tim nya sesuai dengan tipe-tipe yang diatas untuk dipersiapkan pada kepengurusan berikutnya. Hasil pemantauan ini lah yang didiskusikan dengan Kahim.

Metode Koprik dan Rapat Anggota yang ada pada HMT merupakan salah satu cara Kahim dan pengurus inti melihat potensi yang ada pada anggota secara keseluruhan, khususnya untuk mencari seorang yang bertipe Driver dan Planner. Bukan berarti orang yang bertipe exec dan enabler memutuskan untuk tidak datang, karena proses yang terjadi pada koprik dan RA memberikan pemahaman yang jauh lebih baik untuk mererka dalam mengerjakan program-program yang membangun HMT.
Terakhir adalah tipe controller. Tipe ini sudah cukup dijelaskan pada poin 5 dan siapakah mereka?. Mereka adalah orang yang pernah menjadi pengurus HMT dan memahami kondisi kepengurusan yang sedang berjalan.

Dengan pengenalan tersebut kita akan bisa mengetahui dimana posisi yang cocok untuk anggota sehingga anggota bisa memberikan kontribusi maksimal untuk kemajuan HMT kita!.

Segini saja dulu ya dari saya, pesan untuk kita : jalin keakraban diantara kita, jangan jaim, tetap santun dan semua yang kita lakukan demi HMT akan membentuk diri kita menjadi pribadi yang mempunya nilai lebih nantinya. Ini investasi kita yang tanpa disadari namun dengan satu syarat yaitu IKHLAS.



Yudi Lesmana
Wakil Ketua I Himpunan Mahasiswa ITB 2009-2010

1 komentar:

  1. kalo begitu awak posisi nya dmana ya yud? wkwkwk
    Stepa HMT 04

    BalasHapus